Assalamu’alaikum wr, wb.
Welcome back to my sweet blog^^
Kali ini, saya akan update tugas yang berkaitan dengan tugas softskill salah satu matkul di kampus Universitas Gunadarma.
Pembahasan kali ini ialah mengenai Pengertian dari Analisis SWOT.
Yuk, berikut penjelasannya;)
SWOT
Apa kalian tahu apa kepanjangan dari SWOT?
SWOT singkatan dari Strength Weaknesses Opportunities Threats, yang dimana ada :
Strength (Kekuatan),
Weaknesses (Kelemahan),
Opportunities (Peluang),
Threats (Hambatan).
Mengutip dari Wikipedia, pengertian dari analisis SWOT adalah :
“Merupakan metode perencanaan strategis yang digunakan
untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang
(opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek bisnis/perusahaan
atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT
(strengths, weaknesses, opportunities, dan threats)”.
Sekilas info bahwa teknik ini dibuat oleh Albert Humphrey, yang memimpin suatu proyek riset
pada Universitas Stanford tepatnya dasawarsa 1960 an dan 1970-an dengan
menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.
Jadi, pengertian analisis SWOT adalah sebuah teknik strategi dalam mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman yang hal ini dapat diterapkan untuk kegiatan meliputi bisnis dan usaha, pendidikan, proyek atau bahkan pada diri sendiri.
Berikut penjelasan dari masing-masing karakter SWOT :
1. Strenght (S) atau
disebut sebagai analisis kekuatan
Yakni situasi ataupun kondisi
yang merupakan gambaran kekuatan dari suatu organisasi atau perusahaan pada
saat ini. Yang harus di lakukan dalam mengunakan analisis ini adalah setiap
perusahaan atau organisasi perlu menilai kekuatan dan kelemahan yang dimiliki
kemudian dibandingkan dengan para pesaing-pesaingnya. Misalnya jika kekuatan
perusahaan tersebut unggul didalam kualitasnya, maka keunggulan itu dapat di
manfaatkan untuk mengisi segmen pasar yang membutuhkan tingkat kualitas yang
lebih baik.
2. Weaknesses (W) atau
disebut sebagai analisi kelemahan
Yakni situasi ataupun kondisi
yang merupakan gambaran kelemahan dari suatu organisasi atau perusahaan pada
saat ini. Dengan kata lain cara untuk menganalisis kelemahan yang ada dalam
sebuah perusahaan ataupun organisasi. Yang mana kelemahan tersebut dapat
menjadi kendala yang serius dalam kemajuan suatu perusahaan atau organisasi.
3. Opportunity (O) atau disebut
sebagai analisis peluang
Yakni situasi atau kondisi yang merupakan gambaran peluang yang ada dari
sisi luar suatu organisasi atau perusahaan dan gambaran tersebut dapat
memberikan peluang berkembangnya suatu organisasi atau perusahaan dimasa depan.
Opportunity merupakan ananlisis yang digunakan untuk mencari peluang ataupun
terobosan yang memungkinkan suatu perusahaan ataupun organisasi bisa
berkembang. Baik dimasa kinia ataupun masa yang akan datang.
4. Threats (T) atau
disebut sebagai analisis ancaman
Yakni situasi atau kondisi yang
merupakan gambaran ancaman dari suatu perusahaan atau oraganisasi dalam
menjalankan suatu usaha. Theart merupakan cara menganalisis tantangan atau
ancaman yang harus dihadapi oleh suatu perusahaan ataupun organisasi dalam
menghadapi berbagai macam faktor lingkungan yang tidak menguntungkan. Yang mana
ancaman tersebut dapat menyebabkan kemunduran suatu perusahaan. Jika tidak
segera di atasi, maka ancaman tersebut akan menjadi penghalang bagi suatu usaha
yang yang akan dijalankan.
Lalu apa manfaat dari SWOT?
Metode
analisis SWOT merupakan metode analisis yang paling dasar dalam melakukan
analisis strategi, yang bermanfaat untuk mengetahui suatu permasalahan ataupun
suatu topik dari 4 empat sisi yang berbeda. Hasil dari analisis ini biasanya
berupa arahan ataupun rekomendasi untuk mempertahankan kekuatan dan untuk
menambah keuntungan suatu perusahaan tau organisasi dari segi peluang
yang ada, sambil mengurangi kekurangan yang dimiliki dan juga menghindari
berbagai ancaman yang terjadi.
Jika digunakan dengan baik dan
benar, maka analisis ini akan dapat digunakan untuk membantu melihat
sisi-sisi yang terabaikankan atau tidak terlihat dari sebuah perusahaan atau
organisasi. Dari uraian diatas tadi, analisis SWOT adalah instrumen yang
bermanfaat dalam melakukan analisis strategi dalam manajemen perusahaan atau
organisasi . Analisis ini berperan sebagai alat untuk meminimalisir kelemahan
atau kekurangan yang terdapat dalam suatu perusahaan atau organisasi serta
menekan dampak dari ancaman yang timbul dan harus dihadapi.
Selanjutnya apa Faktor-faktor yang mempengaruhi SWOT?
Ada 2 faktor pokok yang akan memengaruhi analisis SWOT, yaitu :
1.Faktor Internal (Strength dan Weaknees)
Untuk faktor internal ini akan berdampak baik pada sebuah penelitian ketika kekuatan lebih besar daripada kelemahan.
-Sumber daya yang dimiliki
-Keuangan atau finansial
-Kelebihan atau kelemahan internal organisasi
2.Faktor Eksternal (Opportunity dan Threats)
Adanya peluang serta ancaman ini tentu saja akan memberikan data yang harus dimasukkan dalam jurnal penelitian sehingga menghasilkan strategi untuk menghadapinya.
-Budaya, sosial politik, ideologi, perekonomian
-Perkembangan teknologi
-Lingkungan
Contoh nyata pada
perusahaan.
Selanjutnya ada contoh analisis SWOT pada perusahaan. Berikut penjelasannya.
Analisa SWOT PT. Astra Honda Motor(AHM)
Sebuah perusahaan
dalam bidang industry manufacturing yang bermula dari nama PT Federal Motor ini
telah berkembang cukup pesat sehingga menjadi salah satu perusahaan terbesar
dalam skala nasional.
Hampir selama setengah
abad, PT Astra Honda Motor begitu mendominasi pasar otomotif tanah air meskipun
tidak luput dari pasang surut yang berhasil dilalui selama perjalanannya.
Untuk mengetahui
bagaimana perusahaan ini dapat tetap berdiri tegak serta tentang berbagai hal
yang pernah dialami oleh PT AHM, maka berikut ini adalah contoh analisis SWOT
yang kita dapatkan.
STRENGTH
Adalah kekuatan yang
dijadikan modal dasar PT AHM dalam mengembangkan perusahannya dan bentuk
kekuatan untuk mampu bersaing dengan perusahaan lain di pasar:
·
Kualitas. Produk yang dihasilkan oleh PT AHM memilii
standart International sehingga cukup dipercaya oleh masyarakat.
·
Kuantitas. Dengan memiliki beberapa pabrik yang
beroperasi, maka produksi yang dihasilkan sangat maksimal.
·
Branch
Mark. Produk Honda telah
menjadi legenda bagi masyarakat Indonesia.
·
Prestasi. Telah banyak penghargaan yang disabet oleh
PT AHM sebagai bukti bahwa ini adalah perusahaan yang sudah ternama dan cukup
banyak memiliki keunggulan.
·
Spare
Part. Hampir diseluruh
tanah air dapat dengan mudah memperoleh suku cadang aslinya.
·
Dealer. Telah tersebar bahkan hingga ke pelosok
untuk memudahkan konsumen menjangkaunya.
·
Teknologi. Selalu mengikuti perkembangan teknologi
otomotif sehingga kualitas yang dihasilkan oleh PT AHM tetap terjaga.
·
Harga
Produk. Tidak hanya merilis
produk untuk kelas atas, PT AHM juga kerap kali meluncurkan produk dengan harga
rendah untuk dapat menjangkau segala sektor ekonomi berbagai lapisan
masyarakat.
WEAKNESS
Tidak mutlak dengan
segala kekuatannya, PT ASTRA HONDA MOTOR juga memiliki sisi kelemahan. Berikut
ini adalah analisis SWOT pada PT AHM untuk memperoleh data mengenai sisi
kekurangannya sehingga dapat dijadikan motivasi untuk upaya perbaikannya.
·
Model
dan Design. Jika dibandingkan
dengan produk otomotif dari perusahaan lain, motor Honda masih banyak
tertinggal pada poin desainnya. Hal ini berdampak pada rasa ketertarikan
masyarakat yang mulai melirik produk atau merek lain.
·
Produk
Premium. Ada beberapa varian
yang dikeluarkan oleh PT AHM memiliki harga yang cukup mahal khususnya type
premium seperti motor sport yang di produksinya.
·
Tiruan. Saat ini banyak sekali produk asing yang
meniru spesifikasi dari produk produk PT AHM dengan harga jual yang jauh lebih
murah seperti produk motor china.
·
Suku
cadang KW. Begitu pula dengan
pembajakan spare part yang mana jika konsumen tidak jeli maka akan mendapatkan
suku cadang yang berkualitas buruk karena banyaknya barang emitasi beredar
dipasaran.
OPPORTUNITIES
Berikutnya adalah
kesempataan atau peluang yang dapat dibidik oleh PT AHM dalam persaingan pasar
tanah air ketika perkembangan otomotif semakin pesat.
·
Jumlah
Penduduk. Tingkat populasi
penduduk yang cukup besar merupakan pasar potensial yang dapat dijadikan
sebagai target penjualan produk. Semakin banyak penduduk kemungkinan untuk
menjual produk lebih banyak sangat terbuka lebar.
·
Ekspansi
ekspor. PT Astra Honda Motor
telah melakukan eksport produknya ke negara yang sedang berkembang. Ekspansi
ini perlu dilakukan untuk mengembangkan pangsa pasar dan peningkatan penjualan
serta perluasan jaringan terhadap produk yang hendak di pasarkan.
·
Kepercayaan
Honda Japan Corp. Kepercayaan pemilik
brand Honda dari jepang terhadap PT Astra Honda Motor merupakan sebuah peluang
untuk terus mengembangkan potensi yang ada pada PT Astra Honda Motor. PT Astra
Honda Motor terus berkoordinasi guna menjaga stabilitas hubungan dan
perkembangan teknologi terbaru.
THREAT
Melengkapi contoh
analisis SWOT pada poin terakhir yaitu melakukan analisa terhadap beragam
ancaman yang mungkin akan selalu dihadapi oleh PT AHM ketika menempuh
perjalannya dalam industri bidang otomotif.
·
Produsen
lain. Melihat perkembangan
dari produsen lain, seperti YAMAHA adalah salah satu pesaing terberat dalam
sektor industri otomotif nasional yang selalu berbenah dan menghadirkan desain
serta teknologi terbaru.
·
Krisis
Global. Ini adalah kenyataan
yang harus siap dihadapi kapan saja ketika krisis ekonomi sedang melanda maka
daya beli pasar tentu saja akan melemah.
·
Suku
cadang import. Sampai saat ini
belum sepenuhnya spare part diproduksi didalam negeri sehingga masih tergantung
dari distribusi oleh Honda Jepang.
·
Kebijakan
Pemerintah. Mungkin seringkali
luput dari perhatian bahwasannya ketentuan yang dibuat oleh pemerintah kadang
cukup besar pengaruhnya terhadap kelangsungan sebuah industry seperti kenaikan
harga BBM.
·
Uang
muka kredit. Melihat beberapa
produk otomotif lainnya, Honda masih mematok uang muka kredit yang cukup tinggi
sehingga menyulitkan konsumen untuk menjangkaunya.
Kesimpulan:
Pada contoh analisis SWOT terhadap PT Astra Honda Motor
kali ini adalah bahwa peluang pasar yang cukup besar dengan tingkat kepercayaan
masyarakat yang sudah tumbuh hampir setengah abad, maka segala bentuk ancaman
serta kelemahan yang ada pada PT AHM masih dapat terkendali dengan baik.
R E F E R E N S I
Ghani, Zhafran Al Rafisqy. Contoh Analisis SWOT | Lengkap Pengertian,Tujuan, Manfaat, dan Cara Membuatnya. Diambil dari :http://www.progresstech.co.id/blog/internet-of-things/. (13 Oktober2017).
CentraUsaha
Wikipedia
Sekian, semoga dapat mudah dimengerti.
Kritik dan saran teman-teman sekalian sangat membantu^^
Wasalamuálaikum, wr,wb.
Minimal deposit 50rb
BalasHapusBonus member baru 30%
Bonus harian 5%
Aman & Terpercaya
hanya di bit.do/bolay0
Whatsapp kami
bit.do/WA_BOLAYO
+6282321807397
Hallo Semua kami dari SUKAHOKI88.COM
BalasHapusAgent Judi Online Terpecaya se-Indonesiaaa!!!
Kami menyediakan berbagai pilihan permainan yaitu :
- Slot game
- Casino Online
- Taruhan bola
- Tembak Ikan
Ayo raih puluhan sampai ratusan juta bersama kami.
Kami menyediakan WELCOME bonus sebesar 25 % lho dan
bonus harian sebesar Rp 10.000,-
Syarat dan ketentuan berlaku
Kami juga menyediakan free poin sebesar Rp 10.000 lho!!!
silahakan kunjungi sukamodel.com ya untuk claim free point tersebut!!!
Ayo tunggu apa lagi langung kunjungi website kami di
SUKAHOKI88.COM
Belum Pernah Dapat Jackpot Slot & tembak ikan joker? Cobalah Bermain bersama Kami di
BalasHapusWinning303
Rasakan Jackpot Setiap Hari...Dapatkan Juga Bonus Rollingan Setiap Hari....
Seru Bukan??? Yang Pastinya Anda Tidak Akan Berpaling Lagi...
Mainkan Permainan Lainnya Dengan 1 User ID Saja...
1. Live Casino
2. Poker
3. Sportsbook
4. RNG
5. Sabung Ayam
Hubungi Segera:
WA: 0877 8542 5244
Suka bermain Poker mau deposit via PULSA,atau Via E-MONEY???
BalasHapusMari bergabung bersama kami di Donaco Poker
Hub kami.
WHATSAPP : +6281333555662
CS 24 JAM