Kamis, 01 Februari 2018

Analisis SWOT Accurate 5

Assalamu’alaikum wr, wb.
Kembali lagi dengan saya, Anggita^^
Kali ini, saya akan update tugas yang berkaitan dengan tugas softskill salah satu matkul di kampus Universitas Gunadarma.
Pembahasan kali ini ialah mengenai Analisis SWOT Accurate 5.
Yuk, berikut penjelasannya;)



ANALISIS SWOT PADA ACCURATE 5


Pada postingan saya sebelumnya, telah membahas mengenai apa itu analisis SWOT. Maka itu, untuk kali ini saya akan memberi contoh langsung menganalisis SWOT pada salah satu software Accurate 5.

Sebelumnya, apa kalian tahu apa itu Accurate 5 ?




Ya, Software Akuntansi ACCURATE Accounting Software Versi 5 ini adalah Software Akuntansi dengan fitur yang saling terintegrasi yang dapat digunakan untuk Perusahaan Trading, Perusahaan Jasa, Perusahaan Kontraktor atau pun Perusahaan Pabrikasi. Software Akuntasi ACCURATE Versi 5 dengan fitur baru yang akan lebih mendukung Perusahaan dalam menjalankan Bisnis dengan menghasilkan Laporan - Laporan keuangan yang dibutuhkan Perusahaan. Accurate versi 5 ini lebih baik daripada versi-versi sebelumnya.





Untuk itu, kini saya akan memberikan analisis SWOT mengenai Accurate 5 ini :

A. Strenghts (Kekuatan)
  • Tidak ada biaya maintenance software.
  • Database bisa dibuat sebanyak mungkin.
  • Dapat membuat laporan masing-masing yang kita punya. Karena satu lisence Accurate dapat mengakses sebanyak apapun.
  • Tampilan dan fitur baru yang lebih dinamis, lebih praktis, dan lebih interaktif dari Accurate versi sebelumnya.
  • Mempercepat proses pembukuan, karena sudah E-Faktur Ready.
  • Mengacu lebih dari 150.000 perusahaan yang menggunakan Accurate.
B. Weaknesses (Kelemahan)
  • Tidak bisa dicustom.  Software ini merupakan software paket dan juga dikarenakan Accurate sudah mensurvei ke perusahaan-perusahaan dari UMKM, UKM di Indonesia dan perusahaan menengah keatas.
  • Tidak mencakup seluruh operasional Perusahaan. Basic dari program Accurate ini merupakan Accounting software bukan operasional software. Jadi seperti pembayaran gaji perkaryawan belum bisa di Accurate 5 karena hanya bisa dicatat secara global saja.
  • Tidak mendapatkan Training pembelian baru.
C. Opportunites. (Peluang)
  • Di era digital ini, memudahkan dalam mencatat transaksi dan membuat laporan keuangan.
  • Dengan adanya perkembangan teknologi yang makin canggih.
  • Media sosial makin jauh lebih banyak menarik perhatian para pengguna.
D. Threats. (Ancaman)
  • Kompetitor yang makin terus berkembang dengan inovasi baru.
  • Banyak developer lain yang mengembangkan aplikasi serupa dan memiliki fitur yang lebih mendukung.
  • Komentar yang buruk yang diberikan pengguna bisa mempengaruhi calon pengguna lainnya.





R E F E R E N S I

Doni. Kelebihan dan Kekurangan ACCURATE. Diambil dari :https://accuratecloud.id/2017/02/22/kelebihan-dan-kekurangan-accurate-accounting-system/. (22 Februari 2017).
accuratecloud.id






Sekian, semoga dapat dimengerti.
Kritik dan saran teman-teman sekalian sangat membantu^^

Terimakasih,
Wasalamuálaikum, wr,wb.


Pengertian Analisis SWOT

Assalamu’alaikum wr, wb.
Welcome back to my sweet blog^^
Kali ini, saya akan update tugas yang berkaitan dengan tugas softskill salah satu matkul di kampus Universitas Gunadarma.
Pembahasan kali ini ialah mengenai Pengertian dari Analisis SWOT.
Yuk, berikut penjelasannya;)


SWOT


Apa kalian tahu apa kepanjangan dari SWOT?

SWOT singkatan dari Strength Weaknesses Opportunities Threats, yang dimana ada :
Strength (Kekuatan),
Weaknesses (Kelemahan),
Opportunities (Peluang),
Threats (Hambatan).

Mengutip dari Wikipedia, pengertian dari analisis SWOT adalah :

“Merupakan metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek bisnis/perusahaan atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats)”.

Sekilas info bahwa teknik ini dibuat oleh Albert Humphrey, yang memimpin suatu proyek riset pada Universitas Stanford tepatnya dasawarsa 1960 an dan 1970-an dengan menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.


Jadi, pengertian analisis SWOT adalah sebuah teknik strategi dalam mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman yang hal ini dapat diterapkan untuk kegiatan meliputi bisnis dan usaha, pendidikan, proyek atau bahkan pada diri sendiri.


Berikut penjelasan dari masing-masing karakter SWOT :

1. Strenght (S) atau disebut sebagai analisis kekuatan
Yakni situasi ataupun kondisi yang merupakan gambaran kekuatan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini. Yang harus di lakukan dalam mengunakan analisis ini adalah setiap perusahaan atau organisasi perlu menilai kekuatan dan kelemahan yang dimiliki kemudian dibandingkan dengan para pesaing-pesaingnya. Misalnya jika kekuatan perusahaan tersebut unggul didalam kualitasnya, maka keunggulan itu dapat di manfaatkan untuk mengisi segmen pasar yang membutuhkan tingkat kualitas yang lebih baik.
2. Weaknesses (W) atau disebut sebagai analisi kelemahan
Yakni situasi ataupun kondisi yang merupakan gambaran kelemahan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini. Dengan kata lain cara untuk menganalisis kelemahan yang ada dalam sebuah perusahaan ataupun organisasi. Yang mana kelemahan tersebut dapat menjadi kendala yang serius dalam kemajuan suatu perusahaan atau organisasi.
3. Opportunity (O) atau disebut sebagai analisis peluang
Yakni situasi atau kondisi yang merupakan gambaran peluang yang ada dari sisi luar suatu organisasi atau perusahaan dan gambaran tersebut dapat memberikan peluang berkembangnya suatu organisasi atau perusahaan dimasa depan. Opportunity merupakan ananlisis yang digunakan untuk mencari peluang ataupun terobosan yang memungkinkan suatu perusahaan ataupun organisasi bisa berkembang. Baik dimasa kinia ataupun masa yang akan datang. 

4. Threats (T) atau disebut sebagai analisis ancaman
Yakni situasi atau kondisi yang merupakan gambaran ancaman dari suatu perusahaan atau oraganisasi dalam menjalankan suatu usaha. Theart merupakan cara menganalisis tantangan atau ancaman yang harus dihadapi oleh suatu perusahaan ataupun organisasi dalam menghadapi berbagai macam faktor lingkungan yang tidak menguntungkan. Yang mana ancaman tersebut dapat menyebabkan kemunduran suatu perusahaan. Jika tidak segera di atasi, maka ancaman tersebut akan menjadi penghalang bagi suatu usaha yang yang akan dijalankan.

Lalu apa manfaat dari SWOT?
Metode analisis SWOT merupakan metode analisis yang paling dasar dalam melakukan analisis strategi, yang bermanfaat untuk mengetahui suatu permasalahan ataupun suatu topik dari 4 empat sisi yang berbeda. Hasil dari analisis ini biasanya berupa arahan ataupun rekomendasi untuk mempertahankan kekuatan dan untuk menambah keuntungan suatu perusahaan tau organisasi  dari segi peluang yang ada, sambil mengurangi kekurangan yang dimiliki dan juga menghindari berbagai ancaman yang terjadi.
Jika digunakan dengan baik dan  benar, maka analisis ini akan dapat digunakan untuk membantu melihat sisi-sisi yang terabaikankan atau tidak terlihat dari sebuah perusahaan atau organisasi. Dari uraian diatas tadi, analisis SWOT adalah instrumen yang bermanfaat dalam melakukan analisis strategi dalam manajemen perusahaan atau organisasi . Analisis ini berperan sebagai alat untuk meminimalisir kelemahan atau kekurangan yang terdapat dalam suatu perusahaan atau organisasi serta menekan dampak dari ancaman yang timbul dan harus dihadapi.

Selanjutnya apa Faktor-faktor yang mempengaruhi SWOT?

Ada 2 faktor pokok yang akan memengaruhi analisis SWOT, yaitu :

1.Faktor Internal (Strength dan Weaknees)

Untuk faktor internal ini akan berdampak baik pada sebuah penelitian ketika kekuatan lebih besar daripada kelemahan.

-Sumber daya yang dimiliki
-Keuangan atau finansial
-Kelebihan atau kelemahan internal organisasi

2.Faktor Eksternal (Opportunity dan Threats)

Adanya peluang serta ancaman ini tentu saja akan memberikan data yang harus dimasukkan dalam jurnal penelitian sehingga menghasilkan strategi untuk menghadapinya.

-Budaya, sosial politik, ideologi, perekonomian
-Perkembangan teknologi
-Lingkungan

Contoh nyata pada perusahaan.
Selanjutnya ada contoh analisis SWOT pada perusahaan. Berikut penjelasannya.
Analisa SWOT PT. Astra Honda Motor(AHM)
Sebuah perusahaan dalam bidang industry manufacturing yang bermula dari nama PT Federal Motor ini telah berkembang cukup pesat sehingga menjadi salah satu perusahaan terbesar dalam skala nasional.
Hampir selama setengah abad, PT Astra Honda Motor begitu mendominasi pasar otomotif tanah air meskipun tidak luput dari pasang surut yang berhasil dilalui selama perjalanannya.
Untuk mengetahui bagaimana perusahaan ini dapat tetap berdiri tegak serta tentang berbagai hal yang pernah dialami oleh PT AHM, maka berikut ini adalah contoh analisis SWOT yang kita dapatkan.
STRENGTH
Adalah kekuatan yang dijadikan modal dasar PT AHM dalam mengembangkan perusahannya dan bentuk kekuatan untuk mampu bersaing dengan perusahaan lain di pasar:
·        Kualitas. Produk yang dihasilkan oleh PT AHM memilii standart International sehingga cukup dipercaya oleh masyarakat.
·        Kuantitas. Dengan memiliki beberapa pabrik yang beroperasi, maka produksi yang dihasilkan sangat maksimal.
·        Branch Mark. Produk Honda telah menjadi legenda bagi masyarakat Indonesia.
·        Prestasi. Telah banyak penghargaan yang disabet oleh PT AHM sebagai bukti bahwa ini adalah perusahaan yang sudah ternama dan cukup banyak memiliki keunggulan.
·        Spare Part. Hampir diseluruh tanah air dapat dengan mudah memperoleh suku cadang aslinya.
·        Dealer. Telah tersebar bahkan hingga ke pelosok untuk memudahkan konsumen menjangkaunya.
·        Teknologi. Selalu mengikuti perkembangan teknologi otomotif sehingga kualitas yang dihasilkan oleh PT AHM tetap terjaga.
·        Harga Produk. Tidak hanya merilis produk untuk kelas atas, PT AHM juga kerap kali meluncurkan produk dengan harga rendah untuk dapat menjangkau segala sektor ekonomi berbagai lapisan masyarakat.

WEAKNESS
Tidak mutlak dengan segala kekuatannya, PT ASTRA HONDA MOTOR juga memiliki sisi kelemahan. Berikut ini adalah analisis SWOT pada PT AHM untuk memperoleh data mengenai sisi kekurangannya sehingga dapat dijadikan motivasi untuk upaya perbaikannya.
·        Model dan Design. Jika dibandingkan dengan produk otomotif dari perusahaan lain, motor Honda masih banyak tertinggal pada poin desainnya. Hal ini berdampak pada rasa ketertarikan masyarakat yang mulai melirik produk atau merek lain.
·        Produk Premium. Ada beberapa varian yang dikeluarkan oleh PT AHM memiliki harga yang cukup mahal khususnya type premium seperti motor sport yang di produksinya.
·        Tiruan. Saat ini banyak sekali produk asing yang meniru spesifikasi dari produk produk PT AHM dengan harga jual yang jauh lebih murah seperti produk motor china.
·        Suku cadang KW. Begitu pula dengan pembajakan spare part yang mana jika konsumen tidak jeli maka akan mendapatkan suku cadang yang berkualitas buruk karena banyaknya barang emitasi beredar dipasaran.

OPPORTUNITIES
Berikutnya adalah kesempataan atau peluang yang dapat dibidik oleh PT AHM dalam persaingan pasar tanah air ketika perkembangan otomotif semakin pesat.
·        Jumlah Penduduk. Tingkat populasi penduduk yang cukup besar merupakan pasar potensial yang dapat dijadikan sebagai target penjualan produk. Semakin banyak penduduk kemungkinan untuk menjual produk lebih banyak sangat terbuka lebar.
·        Ekspansi ekspor. PT Astra Honda Motor telah melakukan eksport produknya ke negara yang sedang berkembang. Ekspansi ini perlu dilakukan untuk mengembangkan pangsa pasar dan peningkatan penjualan serta perluasan jaringan terhadap produk yang hendak di pasarkan.
·        Kepercayaan Honda Japan Corp. Kepercayaan pemilik brand Honda dari jepang terhadap PT Astra Honda Motor merupakan sebuah peluang untuk terus mengembangkan potensi yang ada pada PT Astra Honda Motor. PT Astra Honda Motor terus berkoordinasi guna menjaga stabilitas hubungan dan perkembangan teknologi terbaru.

THREAT
Melengkapi contoh analisis SWOT pada poin terakhir yaitu melakukan analisa terhadap beragam ancaman yang mungkin akan selalu dihadapi oleh PT AHM ketika menempuh perjalannya dalam industri bidang otomotif.
·        Produsen lain. Melihat perkembangan dari produsen lain, seperti YAMAHA adalah salah satu pesaing terberat dalam sektor industri otomotif nasional yang selalu berbenah dan menghadirkan desain serta teknologi terbaru.
·        Krisis Global. Ini adalah kenyataan yang harus siap dihadapi kapan saja ketika krisis ekonomi sedang melanda maka daya beli pasar tentu saja akan melemah.
·        Suku cadang import. Sampai saat ini belum sepenuhnya spare part diproduksi didalam negeri sehingga masih tergantung dari distribusi oleh Honda Jepang.
·        Kebijakan Pemerintah. Mungkin seringkali luput dari perhatian bahwasannya ketentuan yang dibuat oleh pemerintah kadang cukup besar pengaruhnya terhadap kelangsungan sebuah industry seperti kenaikan harga BBM.
·        Uang muka kredit. Melihat beberapa produk otomotif lainnya, Honda masih mematok uang muka kredit yang cukup tinggi sehingga menyulitkan konsumen untuk menjangkaunya.

Kesimpulan:
Pada contoh analisis SWOT terhadap PT Astra Honda Motor kali ini adalah bahwa peluang pasar yang cukup besar dengan tingkat kepercayaan masyarakat yang sudah tumbuh hampir setengah abad, maka segala bentuk ancaman serta kelemahan yang ada pada PT AHM masih dapat terkendali dengan baik.



R E F E R E N S I

Ghani, Zhafran Al Rafisqy. Contoh Analisis SWOT | Lengkap Pengertian,Tujuan, Manfaat, dan Cara Membuatnya. Diambil dari :http://www.progresstech.co.id/blog/internet-of-things/. (13 Oktober2017).
CentraUsaha
Wikipedia






Sekian, semoga dapat mudah dimengerti.
Kritik dan saran teman-teman sekalian sangat membantu^^

Wasalamuálaikum, wr,wb.