Kamis, 26 April 2018

Strategi Layanan

Assalamu’alaikum wr, wb.
Selamat datang di blog saya^^
Oke, kalau sebelumnya saya telah membahas suatu materi yang berjudul Manajemen Layanan, untuk kali ini saya akan kembali post materi yang juga berkaitan dengan tugas softskill salah satu matkul di kampus tersayang, Gunadarma.
Pembahasan kali ini ialah mengenai Strategi Layanan.
Yuk, berikut penjelasannya;)


Strategi Layanan






  • Pengantar.


Secara sederhana Service Strategy akan memberikan panduan kepada mereka untuk mengmplementasikan pengimplementasi ITSM (IT Service Mnagement) dan bagaimana memandang konsep ITSM bukan hanya sekedar kemampuan organisasi dalam memberikan, mengelola serta mengoperasikan layanan TI, tapi juga sebagai sebuah aset strategis bagi sebuah perusahaan. Panduan ini disajikan dalam bentuk prinsip-prinsip dasar dari konsep ITSM, acuan-acuan serta proses-proses inti yang beroperasi di keseluruhan tahapan ITIL Service Lifecycle.

Service ini yang terdiri dari:
• Demand management, merupakan aktifitas yang dapat mempengaruhi permintaan pengguna dan merupakan penyedia kapasitas layanan untuk memenuhi permintaan user.
• Financial management, Memastikan penanganan biaya-biaya dan resikoresiko terkait penyediaan service melalui proses service strategy, meliputi: budgeting, accounting dan charging.
• Service portfolio management, mengidentifikasi layanan IT untuk menunjang strategi bisnis, meliputi : defined, analyzed dan approved

Service Strategy digunakan sebagai panduan untuk menentukantujuan/sasaran serta ekspektasi nilai kinerja dalam mengelola layanan TI serta untuk mengidentifikasi, memilih serta memprioritaskan berbagai rencana perbaikan operasional maupun organisasional di dalam organisasi TI.
Bagi organisasi TI yang saat ini telah mengimplementasikan service strategy, Service Strategy digunakan sebagai panduan untuk melakukan review strategis bagi semua proses dan perangkat (roles, responsibilities, teknologi pendukung, dan lainnya) di organisasinya, serta untuk meningkatkan kapabilitas dari semua proses serta perangkat service strategy tersebut.


  • Tata Kelola Strategi Layanan.
Konsep pemerintahan sangat penting bagi operasi dan pengelolaan yang baik dari semua organisasi yang sehat. Ini mencakup berbagai kebijakan, proses dan struktur yang ada oleh manajemen senior untuk memastikan kelancaran dan pengendalian yang efektif organisasi. Panduan yang diberikan melalui disiplin ITIL menawarkan sebuah suara landasan bagi pengembangan tata pemerintahan yang efektif, yang sama pentingnya dengan penyedia TI untuk organisasi lain.
          Standar internasional untuk tata kelola TI, ISO / IEC 38500: 2008, menyediakan kerangka kerja untuk tata pemerintahan yang efektif untuk membantu mereka yang berada pada tingkat tertinggi organisasi untuk memahami dan memenuhi hukum, peraturan dan etika mereka
kewajiban sehubungan dengan penggunaan 'TI perusahaan mereka'. Kerangka kerja ini mengatur
keluar enam prinsip untuk tata kelola perusahaan yang baik TI, meliputi tanggung jawab, strategi, akuisisi, kinerja, kesesuaian dan perilaku manusia, membuatnya jelas bahwa tata kelola TI lebih dari sekedar proses dan kontrol TI. Ini adalah sebuah sistem manajemen yang digunakan oleh direksi sebuah organisasi untuk memastikan yang tepat dan penatagunaan sumber daya TI yang efektif.
          Namun demikian, prosedur dan kontrol TI yang efektif merupakan komponen vital yang penting pemerintahan. Kerangka kerja ITIL bisa menjadi bagian penting dari fondasi yang sangat baik tata kelola TI.

  • Resiko Strategi Layanan.
Risiko didefinisikan sebagai peristiwa yang mungkin dapat menyebabkan kerugian atau kerugian, atau mempengaruhi kemampuanmencapai tujuan Risiko juga bisa didefinisikan sebagai ketidakpastian hasil.
Pengelolaan risiko yang efektif, merupakan isu penting bagi semua organisasi yang sukses, adalah komponen kunci dari pemerintahan. Manajemen risiko yang efektif memerlukan kerangka kerja yang konsisten dimana risiko berada diidentifikasi dan dianalisis dan tindakan yang tepat dilakukan untuk mengatasinya.

  • Jenis Penyedia Jasa Layanan TI.
Perlu diketahui bahwa penyedia yang berbeda dicirikan oleh hubungan mereka dengan pelanggan dan posisi mereka dalam kaitannya dengan bisnis.

• Tipe I - Internal Service Provider (Penyedia layanan internal) : Unit IT berbasis rumahan ini biasanya ditempatkan dalam unit bisnis yang sediakan. Meskipun masih umum untuk unit IT skala kecil untuk bekerja sama dengan korporasi departemen IT yang harus menyeimbangkan minat, permintaan, dan prioritas dari organisasi korporasi melawan unit bisnis perorangan.

• Tipe II - Unit layanan bersama: Di sinilah berbagai fungsi, dianggap sebagai non-inti bisnis, dikelompokkan menjadi satu layanan bersama perusahaan satuan. Fungsi yang terlibat biasanya adalah IT, Finance and HR, kadang-kadang dengan layanan hukum, logistik dan manajemen fasilitas. Kita simpulkan, melayani beberapa unit bisnis dalam organisasi yang sama.

• Tipe III - Penyedia layanan eksternal: Ini adalah entitas perdagangan yang terpisah dari bisnis service IT dan berjalan sebagai bisnis yang kompetitif di pemasaran. Kita simpulkan, beroperasi sebagai melayani beberapa pelanggan eksternal.

  • Empat P Strategi.
- Perspective. Strategi sebagai Perspektif : Hal ini berkaitan ke dalam pandangan, petunjuk atau arahan dan filosofi penyedia IT untuk melakukan bisnis ke pelanggannya.

- Position. Strategi sebagai Posisi : Ini menggambarkan strategi dalam hal layanan TI pendekatan umum operator terhadap penawaran layanannya (misalnya, nilai tinggi atau biaya rendah, penekanan pada utilitas atau garansi). Bisa dikatakan juga sebagai keunikan posisi sebagai dasar untuk berkompetisi.

- Plan. Strategi sebagai Rencana : Ini menggambarkan strategi sebagai rencana yang menunjukkan  bagaimana TI sebagai penyedia layanan ingin berpindah dari tempat asal ke tempat yang diinginkan untuk mencapai visi.

- Pattern. Strategi sebagai Pola : Ini menggambarkan strategi sebagai cara pembuatan yang konsisten keputusan atau pola.

  • Manajemen Layanan sebagai Aset Strategi.

Ada dua komponen dalam strategi service sebenarnya tentang mengembangkan strategi untuk menyampaikan service yang spesifik tapi masih ada perkembangan sebagai penyediaan service yang kompeten sebagai bagian dari strategi bisnis dan dasar untuk pemerintahan yang baik.

Pengembangan manajemen pelayanan sebagai aset strategis sangat penting untuk pelayanan strategi. 

Aset strategis adalah aset yang menjadi dasar kompetensi inti, berbeda kinerja,  keunggulan awet, dan kualifikasi untuk berpartisipasi dalam peluang bisnis. Serta meningkatkan  potensi penyedia layanan dari :

- Kapabilitas : Kemampuan penyedia layanan (dalam hal manajemen, organisasi proses, pengetahuan dan orang-orang) untuk mengkoordinasikan, mengendalikan dan menyebarkan sumber daya.
- Sumber Daya : masukan langsung untuk memproduksi layanan, misalnya keuangan, modal, infrastruktur, aplikasi, informasi dan orang-orang.

Organisasi TI dapat menggunakan panduan yang diberikan oleh ITIL untuk mengubah layanan manajemen mereka menjadi aset strategis. Layanan manajemen menyediakan kerangka kerja yang nilainya disampaikan kepada pelanggan dalam bentuk jasa yang diwakili secara kolektif dalam katalog layanan. Kepercayaan para pelanggan komisi penawaran layanan baru tergantung pada kemampuan manajemen pelayanan penyedia layanan TI.

  • Mengembangkan Strategi untuk Layanan Khusus.
 Dalam hal pengembangan strategi layanan tertentu, elemen utama adalah regulasi dengan serangkaikan kegiatan yang melibatkan :

- Memahami arti pelanggan dan cara TI dapat mengantarkan nilai kepada mereka.
- Memahami hasil yang diinginkan pelanggan dari layanan dan bagaimana layanan tersebut akan memberikan manfaat.
- Mendefinisikan faktor penting untuk keberhasilan pelayanan.
- Mengembangkan sebuah spesifikasi berdasarkan hasil yang diperlukan oleh pelanggan, termasuk fasilitas yang dibutuhkan dan garansi.
- Berkembang melalui manajemen permintaan pemahaman tentang prioritas pelanggan dalam kaitannya dengan pola aktivitas bisnis (PBAs).
  • Aset Layanan.
Dalam menyediakan layanan, penyedia layanan IT memanfaatkan aset layanan miliknya sendiri untuk menambah nilai ke aset pelanggan dan menghasilkan nilai untuk organisasi.



Aset yang telah disediakan oleh layanan IT dapat digambarkan dalam hal kemampuan dan sumber daya. Pembangunan sebuah layanan strategi yang sukses perlu dibangun di atas sebuah pemahaman layanan aset yang dapat dibawa ke dalam hal penyediaan layanan. Untuk menciptakan suatu strategi layanan hal yang sangat penting untuk mengaku bahwa generasi nilai untuk memerlukan suatu kombinasi bisnis aset penyedia layanan IT dan aset pelanggan. Penyedia layanan harus melihat keluar serta ke dalam.

  • Proses Pengelolaan Layanan Otomatisasi.
Mengotomatisasi proses bisnis memberikan utilitas dan garansi yang lebih tinggi karenanya menghasilkan kinerja dan nilai yang lebih baik dari aset layanan dan pelanggan.


Di luar tingkat dasar ini, kita bisa mengidentifikasi sejumlah area dimana otomatisasi dapat meningkatkan kemampuan. Sebagai contoh:
• Pengukuran dan penanganan tingkat tinggi yang kompleksitas tinggi, terlepas dari waktu atau lokasi.
• Meningkatkan otomatis alert yang membantu kita untuk merespon lebih cepat dalam menjaga ketersediaan layanan.
• Alat penemuan baru yang up to date memungkinkan kita untuk mempertahankan dan mengidektifikasi dalam hal menangani berbagai masalah kontrol terkait.
•  Pemodelan canggih membantu kita dalam merancang infrastruktur dan aplikasi dalam pemilihan penyediaan layanan yang kompleks.
• Kecerdasan buatan mampu membantu kita dari analisis akar penyebab masalah, melalui alarm dan kontrol canggih untuk penjadwalan kompleks dan manajemen sumber daya.
• Manajemen workflow meningkatkan layanan pelanggan dan efisiensi di berbagai proses.


Pada tingkat yang lebih mendasar, otomatisasi meningkatkan produktivitas, memungkinkan kami menangani permintaan yang berfluktuasi dan umumnya melakukan pemeriksaan kelebihan dan kekurangan manajemen layanan sistem informasi.








R E F E R E N S I

W, Andhika Arya. “Service Strategy dan Service Design”. Tersedia: https://andhika23.wordpress.com/2017/05/16/service-strategy-dan-service-design/ (16 Mei 2017).

http://ilmukomputer.org/wp-content/uploads/2012/02/Terjemahan-ITIL-V.3-IKC.pdf


https://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/TSA-2013-0059%20BAB%202.pdf

Book of IT Service Management.







Sekian, semoga bermanfaat.
Kritik dan saran teman-teman sangat membantu^^

Wasalamuálaikum, wr.wb.